Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK : Analisis Usaha Dengan Metode SWOT
- Get link
- X
- Other Apps
ANALISIS PELUANG USAHA DENGAN METODE SWOT
1.
Pengertian Analisis SWOT
Merupakan analisis untuk mengetahui
faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity dan Threats)
perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang
dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang tepat.
Berikut ini penjelasan faktor-faktor tersebut :
a.
Strength (Kekuatan)
Strength merupakan situasi atau kondisi
yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa
memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang.
Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
·
Kelebihan apa yang
dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
·
Apa yang membuat
perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi
lainnya?
·
Keunikan apa yang
dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
·
Apa yang menyebabkan
perusahaan kita mendapatkan penjualan?
·
Apa yang dilihat atau
dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?
b. Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi
atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau
organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa
yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
·
Apa yang dapat kita
tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
·
Apa saja yang harus
dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
·
Faktor apa saja yang
menyebabkan kehilangan penjualan?
·
Apa yang dilihat atau
dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi
kita?
·
Apa yang dilakukan
oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi
kita?
c.
Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan situasi atau kondisi yang
merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa
memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat
diisi menggunakan panduan berikut:
·
Kesempatan apa yang
dapat kita lihat?
·
Perkembangan tren apa
yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?
d. Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang
mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju
perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat
diisi menggunakan panduan berikut:
·
Hambatan apa yang
sedang kita hadapi sekarang?
·
Apa saja hal yang
dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita
·
Perkembangan
Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
·
Adakah perubahan
peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau
organisasi kita?
2.
Contoh Analisis SWOT
Berikut ini
Contoh Analisis SWOT
USAHA BAKSO
DAN MIE AYAM
|
1. Strength (Kekuatan) |
: |
Ø Memiliki harga yang
terjangkau untuk semua kalangan Ø Sudah bekerja sama dengan
Gofood dan Grab Ø Bebas bahan pengawet Ø
Konsep anak muda Ø Letaknya
Strategis Ø Memiliki area tempat
parkir |
|
2. Weakness (Kelemahan), |
: |
Ø Belum Memiliki Hak Paten Ø Banyak Pesaing Ø Belum Memiliki Cabang Ø Belum memiliki website dan
forum |
|
3. Opportunities (Peluang) |
: |
Ø Memberikan lapangan
pekerjaan bagi warga sekitar Ø Dengan daya inovatif dan
kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar Ø Meningkatnya penjualan
pada hari – hari besar Ø Harga relatif murah
dibanding pesaing |
|
4. Threats (Ancaman). |
: |
Ø Kenaikan harga bahan baku
yang meningkat Ø Perkembangan makanan yang
unik Ø Kekuatan pesaing yang sama |
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment