Pentingnya kemasan produk

Pentingnya kemasan produk Cuaca saat ini memang sulit diprediksi, sebentar panas, sebentar hujan, sebentar panas lagi terus hujan lagi... hujan ko sebentar – sebentar. heehee Apalagi kalau hujannya di malam hari,, yang ada malah tambah suasana jadi dingin sampai ke tulang. Heehee Apa yang terlintas dipikiran kita saat itu... ?? Tidur pakai selimut tebal. Makan mie instan ,,,,, ??   kenapa mie instan ?? Alasannya yah karena tanggal Tua. Hehe Atau pilih yang lebih minim budget,, misal minum teh hangat, susu, Kopi,, atau kopi susu di teras rumah... Atau pilih minum teh / kopi ditemani cemilan (makanan ringan) sambil pakai selimut ..... Hehehe Berbicara   makan ringan, produk yang satu ini memang salah satu teman setia bagi orang yang sedang menunda makan berat, atau menjadi hidangan saat kumpul-kumpul dengan teman atau saudara. Namun pernahkah kita memperhatikan dari sekian banyaknya produk makanan ringan ini, ternyata banyak jenis yang serupa, yang membedakan...

Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK : Analisis Usaha Dengan Metode SWOT

 

ANALISIS PELUANG USAHA DENGAN METODE SWOT

  

1.       Pengertian Analisis SWOT

Merupakan analisis untuk mengetahui faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang tepat.

Berikut ini penjelasan faktor-faktor tersebut :

a.        Strength (Kekuatan)

Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

·    Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?

·    Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?

·    Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?

·    Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?

·    Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

b.       Weakness (Kelemahan)

Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

·    Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?

·    Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?

·    Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?

·    Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?

·    Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

c.        Opportunities (Peluang)

Opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

·    Kesempatan apa yang dapat kita lihat?

·    Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

d.       Threats (Ancaman)

Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

·    Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?

·    Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita

·    Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?

·    Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

 

2.       Contoh Analisis SWOT

 

Berikut ini Contoh Analisis SWOT

USAHA BAKSO DAN MIE AYAM

 

1. Strength (Kekuatan)

:

Ø    Memiliki harga yang terjangkau untuk semua kalangan

Ø    Sudah bekerja sama dengan Gofood dan Grab

Ø    Bebas bahan pengawet

Ø    Konsep anak muda

Ø    Letaknya Strategis

Ø    Memiliki area tempat parkir

 

2. Weakness (Kelemahan),

:

Ø    Belum Memiliki Hak Paten

Ø    Banyak Pesaing

Ø    Belum Memiliki Cabang

Ø    Belum memiliki website dan forum

 

3. Opportunities (Peluang)

:

Ø   Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar

Ø   Dengan daya inovatif dan kreatif usaha ini memiliki kesempatan besar untuk menguasai pasar

Ø   Meningkatnya penjualan pada hari – hari besar

Ø   Harga relatif murah dibanding pesaing

 

4. Threats (Ancaman).

:

Ø    Kenaikan harga bahan baku yang meningkat

Ø    Perkembangan makanan yang unik

Ø    Kekuatan pesaing yang sama

 


Sekian Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Cara membuat desain kemasan Box makanan menggunakan Corel Draw X7

Pentingnya kemasan produk

Gambar Kerja/ Alur Kerja Pembuatan Prototype Produk

Ikuti